Selasa, 01 September 2009

Pasang boks bagasi tambahan berisiko. Apalagi jika pasang di tempat salah dan ditopang adaptor apa adanya. Itu karena gak tahan getaran, boks rawan miring hingga bikin motor limbung. Parahnya lagi, sasis belakang gampang patah.

Kalo nggak mau sial bisa ikuti cara Ardhi Bridjal Hanafie alias Mas Boy. Belajar dari pengalaman memperbaiki tunggangan konsumen, bapak asli Betawi itu justru sukses bikin adaptor tahan getar, kuat juga rapi. Bahkan bisa dikatagorikan bolt-on (gbr. 1).

Adaptor tinggal pasang versi Mas Boy lumayan unik juga menarik. Mengandalkan pelat 4 dan 5 mm, adaptor bikinan Mas boy lebih difokus ke side boks berikut pengelasan pelat tambahan di frame belakang kanan-kiri. Alhasil, boks tambahan nggak mudah goyang dombret yang jadi biang kerok rangka patah.

“Dudukan boks atas kan tinggal disambung braket kanan, kiri dan atas. Nah, yang mesti diperkuat braket asli kanan-kiri pakai pelat yang kemudian disambung pelat penghubung lagi agar bisa diikat ke pelat yang sebelumnya sudah dilas ke rangka belakang,” jelas warga Pondok Sukatani Permai, Jl. Marquisa VII, No. 4, Cimanggis, Depok itu.

Adaptor dari pelat 4 mm menyerupai braket asli itu, selain dibikin tahan getar juga memiliki kelebihan sebagai penghubung boks lain. Juga sebagai rangka utama boks. Lalu adaptor braket tadi disambung ke pelat 5 mm yang berbentuk huruf U terbalik. Ini sebagai penghubung braket dengan pelat adaptor yang sudah dilas ke rangka belakang
“Agar lebih rigid, pelat di braket kanan-kiri ditahan pelat pipih yang dihubungkan
ke foostep belakang dengan bantuan baut. Begitu juga bagian belakang side boks kanan-kiri agar boks tidak goyang,” lanjut pria ramah bisa ditelepon di 0812-1921-815 untuk konsultasi.

Lalu kenapa dibilang bolt-on? Mas Boy mengklaim semua adaptor disambung pakai baut. Selain lebih kuat, juga semua disusun rapi.

sumber http://www.motorplus-online.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau untuk motor viar tipe VIXR 150cc ada nggak ? Kalau ada, kira-kira harganya berapa and cara pesannya gimana ?

serba serbi

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

About Me