Search

Memuat...
Kamis, 01 Oktober 2009

Bebas Berisik


Bagi pemilik Yamaha Scorpio yang merasakan bunyi aneh pada bagian kopling, mending langsung diperiksa aja ke bengkel. He.. he.. he.. Ya iyalah, masa ke klinik dokter. Pasalnya bila karet rumah kopling sudah aus, menyebabkan mesin getar dan berisik.

"Tandanya, kalau tuas kopling ditarik bunyi tersebut justru hilang, tapi kalau tuas kopling dilepas suara berisik bakal muncul lagi" ujar Eric Ariyanto S. Doi pemilik bengkel Pit Bike di Jl. Kembang Kerep, No.102, Meruya, Jakarta Barat coba menjelaskan masalah itu.

Posisi karet rumah kopling itu diapit oleh gigi sekunder dan bagian rumah kopling. Jadi bila karet sudah aus hanya bisa dirasakan dan menimbulkan bunyi berisik sebab sosoknya tidak bisa langsung terlihat.

"Itu bisa disebabkan lantaran umur pakai alias part sudah berumur. Bisa juga lantaran kebiasaan pemakai motor yang kerap menekan tuas setengah kopling," lanjut Eric lagi.

Bila kondisi ini dicuekin terus bisa berakibat fatal. "Bisa meyebabkan kampas kopling cepat aus dan parahnya rumah kopling bisa cacat dan mempengaruhi sistem kerjanya," buka Eric yang bukan nakut-nakutin.

Solusinya seluruh karet rumah kopling harus diganti baru. Tapi kendalanya di bengkel resmi Yamaha part ini hanya dijual satu set. "Satu paket rumah kopling yang sudah menyatu alias nempel dengan gigi skundernya," jelas Eric yang menyebutkan harga price listnya bisa tembus di angka Rp 567 ribuan.

Tenang masalah ini bisa kok diakali dengan ganti karet rumah koplingnya saja. Satu set karet kopling yang jumlahnya 6 pcs berikut paku kelingnya ini ditawarkan Eric Rp 45 ribuan.

Tinggal cara pasangnya, bagian rumah kopling dan gigi skunder ini harus diurai dulu. Yaitu, dengan melepas paku pantek menggunakan bor. Setelah itu tinggal pasang karet baru pada posisi yang sudah tersedia. Sementara untuk merekatkannya kembai, bisa dilakukan dengan menguncinya pakai paku pantek baru.

"Kalau enggak mau repot proses bongkar pasang gigi primer serta rumah kopling tadi bisa minta bantuan jasa tukang bubut," pesan Eric yang bisa dikontek di nomor (021) 2889980.

Soal banderol, harga jualnya dipatok Rp 85 ribuan. Selain untuk ganti karet kopling, sekaligus juga ongkos pemasangannya.

0 komentar:

serba serbi

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Sociable

About Me

Loading...